English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

CERITA SINGKAT TENTANG VALENTINE DAY

Malam itu tampak sunyi aku pun sedang menjelajah di jelajah di jejaring sosial yang bahasa kerennya sih Facebook (FB) di Dea Net. Saat itu Dea Net tampak sunyi "sunyi...sangaddd.." sangat jarang sobat - sobat FB yang sedang ONLINE alias OL. Ohhh baru ingat aku kalo ternyata malam itu adalah malam Valentine, semua sobat - sobat FB tengah sibuk dan larut dalam ramainya malam Valentine bersama dengan para pasangannya masing - masing. Akupun berusaha tuk hubungi seseorang melalui VIA MOBILE alias telepong, hehehe...!!
Nirwan : hallo. assalamu alaikum...
Miss. X : walaikum salam...
Nirwan : sibuk apa malam ini..??
Miss. X : Lagi dikost nie...!! emang kenapa..??
Nirwan : keluar yuuuk...?? nhe kan malam Valentine...
Miss. X : Oohhh..males akh...aku nggak biasa rayain yang gituan...
Nirwan : emang kenapa..?
Miss. X : karena Valentine Day itu nggak boleh alias haram hukumnya tuk orang muslim...
Nirwan : ohhh...emang kamu tau Vilentine Day itu apa...?
Pada saat itu setelah aku bertanya demikian pada Miss. X tersebut tanpa berpikir panjang diapun menjawab....! Gini jawabannya... 
Miss. X : Valentine Day biasa sih dirayakan tiap tanggal 14 Februari gtu deh, Mengapa sampai ada valentine day ya...? tanya DORA hehehe..!  Setidak-tidaknya ada beberapa legenda diantaranya; adalah Kerajaan Romawi, yang dipimpin Kaisar Claudius II sekitar Abad III masehi...sudah lama ente - ente belum ada, aku juga. Pada saat itu Kerajaan Romawi sering terlibat dalam kampanye perang berdarah-darah dengan kerajaan lain.
Saat itu banyak orang laki-laki yang enggap bergabung dengan kesatuan militer yang dia kerahkan, alasannya adalah bahwa mereka lebih mencintai istri dan keluarganya dan tidak mau meninggalkan mereka untuk berperang apalagi perang yangg memakan berbulan-bulan, bahkan tahunan. 
Kaisar yang kejam tersebut mencari jalan dengan melarang perkawinan dan tidak mengijinkan perkawinan para pemuda, diharapkan pemuda tersebut menjadi prajurit/tentara dalam kesatuan militer, menurut Kaisar prajurit yang bagus itu pemuda yang tidak menikah. hmmmm...Kaisar yang jahat...
Melihat bentuk ketidakadilan, kesewenang-wenangan Penguasa Romawi tersebut, Seorang pemuda yg bernama Valentinos atau orang yang bernama Valentine mempertahankan percintaannya diwilayah kekuasaan Kaisar II, bahkan dia melaksanakan perkawinannya dengan sembunyi-sembunyi kendati Sang Kaisar melarang hal ini. Akhirnya berita tentang perkawinannya tercium juga oleh Sang Kaisar, Seketika itu Ia menangkap dan memenjarakan Valentine hingga ia meninggal tanggal 14 Pebruari 270 Masehi.
Beberapa ratus tahun kemudian acara Valentine Day berkembang pesat seperti yg kita kenal dewasa ini, pada waktu itu Agama Kristen lagi pesat-pesatnya berkembang di Eropa. Sedangkan legenda yang lain menyatakan bahwa Ketika Valentine dipenjara di Romawi , Ia tertarik dengan seorang gadis dan jatuh cinta kepadanya, gadis yang pernah mengunjunginya selama masa penahananya, dimana gadis itu sendiri saudara dari orang yg memenjarakan Valentine. Diduga Ia menulisi surat kepada gadis tersebut dan menandatanganinya “from your valentine”. Paus Gelasius kemudian mendeklarasikan tanggal 14 Pebruari sebagai Valentine Day sekitar abad 498 M.
Demikianlah beberapa legenda seputar valentine day, namun yang jelas bahwa masih terjadi kesamaran, dan bias seputar valentine day dan legenda versi lain mengatakan bahwa valentine merupakan figur yang simpatik dan romantis dan heroik.sehingga itulah sebabnya Valintine Day masih dirayakan sampai sekarang ini, bahkan telah mendarah daging sampai remaja muslim pun terkontaminasi dengan perayaan tersebut...!
Itulah sedikit tentang asal-usul hari valentine day dimana kemunculannya dari Kerajaan Romawi, kendati berdasarkan ceritanya hanya seorang pemuda yg memberikan surat cinta kepada seorang gadis namun sekarang tradisi merayakan valentine day telah berubah, valentine day dirayakan dengan berbagai kemaksiatan, pelanggaran hukum syara’, dan diisi berbagai aktivitas menghambur-hamburkan uang. Sangat jelas aktivitas yang sangat bertentangan dengan hukum syara’ ini patut dijelaskan kepada umat islam, sehingga mereka memahami keharaman perayaan valentine day ini, meninggalkannya.
Nirwan : jadi Valentine Day itu intinya dilarang ya...?
Miss. X : iya....makanya jangan ikut - ikutan dengan orang yang tidak paham Valentine Day itu apa..!
Nirwan : Iya deh...!! Makasih ya..atas penjelasannya.. 

Nahh...begitulah cerita singkat kami pada malam hari itu tentang Valentine Day, cukup singkat sih tapi Miss. X juga menjelaskan sampai mulutnya kekeringan. hehehe...
namun malam itu aku telah diberi pengetahuan baru dari Miss. X
Thank's ya..Miss. X....
 

0 Response to "CERITA SINGKAT TENTANG VALENTINE DAY"

Posting Komentar

WHAT DO YOU THINK...?? PLEASE YOUR COMMENT..

Like This

Bagi Artikel

Bagikan Artikel Ke FbBagikan